Kurikulum

Urusan Kurikulum SMP Negeri 1 Sumberwringin
Tahun Pelajaran 2013/2014


Glitter Photos
HADI ENDRIANTO




STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
SMP NEGERI 1 SUMBERWRINGIN

A.  Stuktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus di tempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam stuktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang kembangkan berdaarkan sandar kompetensi lulusan.
Stuktur kurikulum terdiri atas tiga komponen, yaitu komponen mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut :
a.       Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
b.      Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan kepribadian
c.       Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
d.      Kelompok mata pelajaran estetika, dan
e.       Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.
Komponen muatan lokal dan pengembangan diri merupakan bagian integral dari stukur kurikulum.
Struktur kurikulum ini meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun, yakni mulai kelas VII sampai dengan kelas IX, stuktur kurikulum disusun berdasarkan SKL, SK dan KD mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a.       Kurikulum ini memuat 10 mata pelajaran, 2 muatan lokal, Bimbingan Konseling dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel Struktur kurikulum.
b.      Muatan lokal merupakan kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keuangan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal telah ditentukan oleh sekolah, Muatan lokal wajib Bahasa Daerah Madura dan Baca Tulis Alqur’an.
c.       Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengespresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat septiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru dan tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik, kegiatan terstuktur wajib baca, dan kegiatan ekstrakurikuler.
d.      Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “ IPA terpadu “ dan “ IPS terpadu “
e.       Jam pelajaran untuk setiap pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam stuktur kurikulum. Sekolah menambah empat jam pelajaran per minggu secara keseluruhan.
f.       Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit
g.      Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran ( dua semester ) adalah 34 – 38 minggu
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Sumberwringin :
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu

VII
VIII
IX

A

1.     
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama

2

2

2


2.     
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2


3.     
Bahasa Indonesia
4
4
4


4.     
Bahasa Inggris
4
4
4


5.     
Matematika
4 + 1
4 + 1
4 +1


6.     
Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4


7.     
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4


8.     
Seni Budaya
2
2
2


9.     
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2


10.   
Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2


11.   
Bimbingan Konseling
1
1
1

B
1.

Muatan Lokal  :
 A.  Bahasa Daerah

2

2

2



 B.  Baca Tulis Alqur’an
2
2
2



Jumlah
36
36
36

C

1.     
Pengembangan Diri
Rutin /terstuktur






a)      Wajib Baca di Ruang Perpustakaan






b)      Bimbingan Konseling






c)      Upacara Bendera






d)     Sholat Dhuha dan Duhur berjamaah





2.     
Pilihan






a)      Teater






b)      Pramuka





c)      Bola Basket




d)     Bola volley




e)      Komputer




f)       Sepak Bola




g)      Drum Band




B.  Muatan KTSP
1.      Mata Pelajaran
a.   Pendidikan Agama Islam
Tujuan :
1)        Menerapkan tata cara membaca AI-Qur’an menurut tajwid.
2)        Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman.
3)        Menjelaskan serta membiasakan perilaku terpuji.

b.   Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan :
1)        Memahami dan menunjuka sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2)        Menjelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana Kebatinan konstitusi pertama.
3)        Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan Bertanggung jawab.
4)        Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
5)        Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6)        Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintah pusat dan       pemerintah daerah.
7)        Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8)        Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.

 c.  Bahasa Indonesia
Tujuan :
                   1)    Mendengarkan
                          Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita, Radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan synopsis novel.
                   2)    Berbicara
                          Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasan, informasi,  pengalaman, pendapat dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi dan drama.
                   3)    Membaca
                          Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama novel remaja, antalogi puisi, novel dari berbagai angkatan.
                   4)    Menulis
                          Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan Informasi dalam bentuk buku harian , surat pribadi,  pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun,dongeng, puisi, drama dan cerpen.

d.   Bahasa Inggris
Tujuan :
1)        Mendengarkan
            Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2)        Berbicara
            Mengungkapkan makna secara lisan interpersonal dan transaksional sederhana secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,  dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
3)        Membaca
            Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
4)        Menulis
            Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.

e.   Matematika
Tujuan :
1)        Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya ( komotatif, asosiatif, distributif ), barisan bilangan sederhana ( barisan artmetika dan sifat-sifatnya ), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2)        Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan Pertidak samaan linier serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, system persamaan linier dan penyelesaiannya, serta penggunaannya dalam penyelasaian masalah.
3)        Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan Pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis,sudut (melukis sudut dan membagi  sudut) , segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema pytagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, nalok, prisma, limas dan jaring-jaringnya kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut,bola, serta penggunakannya dalam pemecahan masalah.
4)        Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, Diagram, grafik), rentangan data, serta hitung,modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5)        Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadia, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
6)        Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan .
7)        Memiliki kemampuan berfikir logis, analitis, kritis dan kreatif, serta menerapkannya kemampuan kerjasama.

f.    Ilmu Pengetahun Alam
Meliputi : Fisika, Biologi, dan Kimia
Tujuan :
1)        Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam table dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2)        Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragaman antar mahkluk hidup di dalam ekosistem.
3)        Memahami system organ pada manusia dan kelangsungan mahkluk hidup.
4)        Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya.
5)        Memahami konsep gaya, usaha, energy, getaran, gelombang, optic, listrik, magnet, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
6)        Memahami system tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

g.   Ilmu Pengetahuan Sosial
Meliputi : Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi
Tujuan :
1)        Mendiskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
2)        Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia.
3)        Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk
mendapatkan informasi keruangan.
4)        Mendiskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5)        Mendiskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak pra-aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa.
6)        Mengidentifikasi upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7)        Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
8)        Mendiskripsikan perubahan sosial budaya dan tepe-tipe perilaku masyarakat dalam dalam menyikapi perubahan, serta mendiskripsikan berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya.
9)        Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra, keterkaitan unsu-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang.
10)    Mengidentifikasikan perkembangan lembaga Internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan Internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
11)    Mendiskripsikan manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motf dan prisip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan.
12)    Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.

h.   Seni Budaya
                   Meliputi : Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari dan Seni Teater
                   Tujuan :
                   Seni Rupa
1)      Mengapresiasi dan mengekpresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyk tiga dimensi yang ada di daerah setempat.
2)      Mengapresiasi dan mengekpresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daearah Nusantara.
3)      Mengapresiasi dan mengekpresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan Mancanegara.

                   Seni Musik
1)        Mengapresiasi dan mengekpresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan kelompok.
2)        Mengapresiasi dan mengekpresikan karya seni musik tradisional Nusantara secara perseorangan dan kelompok.
3)        Mengapresiasi dan mengekpresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan kelompok.

                   Seni Tari dan Seni Teater
1)        Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara.
2)        Mengapresiasi mengekpresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daearah setempat.
3)        Mengapresiasi mengekpresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daearah Nusantara.
4)        Mengapresiasi mengekpresikan karya seni teater tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni  teater daearah setempat, Nusantara dan Mancanegara.

i.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesenian
                 Tujuan :
1)    Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2)        Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
3)   Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
4)        Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana.
5)  Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik.

j.    Tekhnologi Informasi dan Komunikasi
Meliputi : kerajinan, pemanfaatan tekhnologi sederhana, kewirausahaan, dan tekhnologi Informasi dan Komunikasi.
Tujuan :
1)      Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang.
2)      Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer.
3)      Menggunakan perangkat pengolah kata dan angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4)      Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh Informasi.

2.      Muatan Lokal
a       Mulok Wajib Bahasa Madura
  Tujuan :
  Membina ketrampilan berbahasa madura baik lisan maupun tertulis dalam
  Upaya mempertahankan nilai – nilai budaya jawa masyarakat setempat dalam wujud
  komunikasi dan apresiasi sastra

             b.      Mulok Wajib Baca Tulis Alqur’an
  Tujuan :
                     Meningkatkan ketrampilan  siswa membaca dan menulis Al – Qur’an dalam rangka
                     Meningkatkan ketaqwaan dan mengamalkan nilai-nilaimyang ada dalam Al Qur’an
                     dalam kehidupan.

3.      Pengembangan diri
Berdasarkan kondisi objektif sekolah, kegiatan pengembangan diri yang dipilih dan ditetapkan adalah sebagai berikut :
             a.    Rutin/terstuktur
                   1). Wajib Baca di Ruang Perpustakaan
Tujuan :
Ø  Menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada siswa
Ø  Meningkatkan penguasaan informasi tentang ilmu pengetahuan, keagaamaan, dan fiksi pada siswa.
                         Wajib Baca setiap awal pelajaran ( Matematika, IPA, Bahasa Inggris )
         Berupa : - Matematika dan IPA :  Rmus-rumus
                        - Bahasa Inggris           :  Kosa kata
Kegiatan tersebut berulang-ulang sampai 85% siswa menguasai, setelah itu dilanjutkan periode kedua dengan isi rumus atau kosa kata berbeda atau berupa lanjutan periode sebelumnya. Setiap anak diberi foto copy data rumus atau kosa kata, satu siswa diberi tugas membacakan di depan kelas.

                   2)  Bimbingan Konseling
Tujuan :
Ø  Masalah kesulitan belajar siswa
Ø  Pengembangan karier siswa
Ø  Pemilihan jejang pendidikan yang lebih tinggi
Ø  Masalah dalam kehidupan sosial siswa
                   3). Upacara Bendera
Tujuan :
Ø  Meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air pada diri siswa
                   4)  Sholat Duha dan Duhur Berjamaah
Tujuan :
Meningkatkan kebiasaan siswa dalam mengaplikasikan dan menerapkan nilai  - nilai ajaran agama yang diyakini menuju pembentukan mental yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan secara utuh.

             b.   Pilihan
1)      Teater
Tujuan :
Ø  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni tari
Ø  Menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap seni tari nusantara.
Ø  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang teater
Ø  Menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial
Ø  Menngkatkan daya kreasi dan apresiasi seni pada siswa
Ø  Mengembangkan minat, bakat, dan prestasi siswa dalam bidang olah vokcal/menyanyi
Ø  Meningkatkan daya kreasi, apresiasi, dan kepekaan bidang seni suara

2)      Pramuka
Tujuan :
Ø  Memberi wahana kepada siswa untuk berlatih berorganisasi
Ø  Melatih siswa agar terampil dan mandiri
Ø  Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
Ø  Menanamkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah airnya.
Ø  Mengembangkan jawa sosial dan peduli kepada orang lain

3)      Bola Basket
Tujuan :
Ø  Mengembangkan prestasi siswa dalam bidang bola basket
Ø  Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan siswa dalam permainan bola basket sebagai olah raga prestasi
Ø  Meningkatkan kalitas kesehatan dan sportifitas siswa

4)      Bola Voly
Tujuan :
Ø  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang bola voly sebagai olah raga prestasi
Ø  Meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa
Ø  Menumbuhkah sportifitas

5)      Komputer
Tujuan :
Ø  Mengenal komputer dan bagian-bagiannya
Ø  Mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa dalam teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Menumbuhkah sportifitas.

6)      Sepak Bola
Tujuan :
Ø  Mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa dalam bidang sepak bola
Ø  Meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa
Ø  Menumbuhkah sportifitas.

7)      Drum Band
Ø  Mengembangkan keterampilan bidang alat musik (Drum Band).
Ø  Menanamkan rasa tanggungjawab, berani, dan percaya diri.
Ø  Meningkatkan kerjasama.

Mekanisme pelaksanaan kegiatan pengembangan diri
a.       Kegiatan pengembangan diri yang bersifat rutin/terstuktur dilaksanakan pada waktu pembelajaran efektif dengan mengalokasikan waktu khusus dalam jadwal pelajaran, dibina oleh guru dan konselor sekolah.
b.      Kegiatan pengembangan diri pilihan dilaksanakan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dibina oleh guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan keputusan kepala sekolah.
c.       Alokasi waktu
 Pengembangan diri untuk kelas VII, VIII dan IX dialokasikan 2 jam pelajaran          ( ekuivalen 2 x 40 menit )
d.      Penilaian
 Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala (setiap akhir semester ) kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk nilai kualitatif.

4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar di SMP Negeri 1 Sumberwringin – Bondowoso menggunakan system paket dengan ketentuan sebagai berikut :
Kelas
Satu jam pembelajaran tatap muka/menit
Jumlah jam pembelajaran per minggu
Minggu efektif pertahun pelajaran
Waktu pembelajaran/jam per tahun
VII
40
36
38
1368
VIII
40
36
38
1368
IX
40
36
38
1368


Alokasi waktu penguasaan terstuktur dan kegiatan mandiri tidak terstuktur di SMP Negeri 1 Sumberwringin – Bondowoso maksimal 50 % dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
Komponen
Alokasi waktu kegiatan/jam pelajaran per minggu
Tatap muka
Penugasan terstruktur maksimal ekuivalen dengan :
A
Mata Pelajaran
1.         Pendidikan agama

2

1

2.         Pendidikan kewarganegaraan
2
1

3.       Bahasa Indonesia
4
2

4.       Bahasa Inggris
4
2

5.       Matematika
4 + 1
2

6.       Ilmu Pengetahuan Alam
4
2

7.       Ilmu Pengetahuan Sosial
4
2

8.       Seni Budaya
2
1

9.       Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
2
1

10.   Ketrampilan/tekhnologi Informasi Komunikasi
2
1

11.   Bimbingan Konseling
1
1
B
Muatan Lokal
1.      Bahasa Madura

2

2

2.      Baca Tulis Alqur’an
2
2


Alokasi waktu praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara satu jam tatap muka.

5. Ketuntasan Belajar
NO
MATA PELAJARAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )
2011/2012
2012/2013
KELAS
KELAS
A.   Mata Pelajaran
VII
VIII
IX
VII
VIII
IX
1
Pendidikan Agama
70
72
75
70
75
75
2
Pendidikan Kewarganegaraan
70
72
75
75
75
77
3
Bahasa Indonesia
71
72
72
72
72
75
4
Bahasa Inggris
72
72
72
72
72
72
5
Matematika
70
71
74
73
71
75
6
Ilmu Pengetahuan Alam
70
72
72
76
72
73
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
72
72
72
72
72
72
8
Seni Budaya
70
73
75
75
75
75
9
Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
71
71
72
72
72
72
10
Ketrampilan/tekhnologi Informasi Komunikasi
70
70
70
70
72
72
B.   Muatan Lokal






1
Bahasa Madura
75
75
75
76
77
75
2
Baca Tulis Alqur’an
70
70
72
71
75
75
C.   Pengembangan diri







Ketuntasan belajar didasarkan pada beberapa pertimbangan, diantaranya intake peserta didik,  kemampuan daya dukung (sarana/prasarana), dan kompleksitas tiap–tiap mata pelajaran. Berdasarkan pertimbangan tersebut, SMP Negeri 1 Sumberwringin – Bondowoso menetapkan ketuntasan belajar  sesuai dengan yang tercantum di tabel untuk semua mata pelajaran.
Peserta didik yang belum dapat mencapai ketuntasan belajar minimal harus mengikuti program perbaikan ( remedial ) sampai mencapai ketuntasan belajar yang dipersyaratkan ( pelaksanaan remedial test maksimal dua kali ). Siswa yang mencapai ketuntasan belajar lebih dari 80 %  dapat mengikuti program pengayaan ( enrichment ).
Kegiatan perbaikan dan pengayaan dilaksanakan di luar jam tatap muka ( sepulang sekolah ) dengan jadwal sebagai berkut :


NO
HARI
KELAS
VII
VIII
IX
1
Senin
Bahasa Inggris
PPKn
IPS
Pendidikan Agama
Matematika
Seni Budaya
2
Selasa
IPS
Pendidikan Agama
Matematika
Seni Budaya
IPA
Tinkom/Ketrampila
3
Rabu
Matematika
Seni Budaya
IPA
Tinkom/Ketrampilan
Bahasa Indonesia
Bahasa Madura
4
Kamis
IPA
Tinkom/Ketrampilan
Bahasa Indonesia
Bahasa Madura
Bahasa Inggris
PPKn
5
Sabtu
Bahasa Indonesia
Bahasa Madura
Bahasa Inggris
PPKn
IPS
Pendidikan Agama


6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
      a. Kriteria Kenaikan Kelas
     Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi syarat sebagai berikut :
      1.    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti
      2.    Kenaikan kelas dipertimbangkan berdasarkan nilai laporan hasil belajar semester II
      3.    Kriteria kenaikan kelas :
             a.    Siswa telah mengikuti proses pembelajaran selama dua semester pada setiap  tingkat kelas.
             b.    Memiliki nilai pada setiap mata pelajaran sesuai dengan tingkat kelasnya.
             c.    Memenuhi standar ketuntasan minimal pada setiap kompetensi dasar mata pelajaran
             d.    Nilai pencapaian kompetensi dipertimbangkan dari nilai pencapaian kompetensi Semester I dan Semester 2 untuk setiap mata pelajaran.
             e.    Siswa yang mendapat nilai pencapaian kompetensi kurang dari standar ketuntasan minimal, harus mendapat remidial pada kelas yang diikutinya. materi yang diremidial adalah hanya kompetensi dasar yang belum tuntas.
             f.     Boleh ada nilai kurang dari KKM sebanyak-banyaknya 3 mata pelajaran.
             g.    Tidak boleh ada nilai kurang dari 5,00
             h.    Tingkat kehadiran siswa dalam proses belajar mengajar dipertimbangkan.
             i.     Tidak boleh lebih dari 15 hari siswa tidak hadir dalam PBM tanpa keterangan (alpha) dalam satu semester.
             j.     Memiliki nilai minimal baik untuk aspek kepribadian, kelakuan, dan kerajinan.


     b.  Kriteria Kelulusan Ujian Nasional
     Peserta Ujian Nasional dinyatakan lulus jika memenuhi standard Kelulusan sebagai berikut :
      a.    Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
      b.    NA sebagaimana dimaksud butir a diperoleh dari gabungan Nilai Sekolah sebagaimana yang ditetapkan dalam persyaratan Kelulusan Ujian Sekolah dari 40%  untuk Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.
      c.     Pembulatan Nilai Akhir (NA) dinyatakan dalam bentuk dua desimal, apabila desimal kedua  > atau = 5 maka dibulatkan ke atas.
      d.   Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada butir b mencapai paling rendah 5,5 ( lima koma lima ) dan nilai setiap mata pelajaran  paling rendah 4,0 ( empat koma nol ).

     c.  Kriteria Kelulusan Ujian Sekolah
            Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi:
      1,    Peserta didik dinyatakan lulus ujian sekolah apabila memiliki Nilai Sekolah minimal sama dengan KKM semester ke-6 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan sekolah.
      2.    Nilai Sekolah diperoleh dari gabungan antara nilai Ujian Sekolah dan nilai rata-rata rapor  semester 1,2,3,4, dan semester 5 dengan pembobotan 60% ( enam puluh persen ) untuk nilai Ujian Sekolah dan 40% ( empat puluh persen ) untuk nilai rata-rata rapor.
      3.    Skala yang digunakan pada  Nilai Sekolah, nilai rapor, dan nilai akhir adalah nol sampai sepuluh.
      4.    Pembulatan nilai gabungan  Nilai Sekolah dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua desimal, apabila desimal ketiga > atau = 5 maka dibulatkan ke atas.

    d.    Kriteria Kelulusan Dari Satuan Pendidikan
             Pesrta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidik dasar dan menengah
             Setelah :
      1.    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
      2.    Memperoleh nilai minimum baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran agama dan akhlaq mulia, kelompok mata pelajaran kawarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah raga dan Kesehatan.
      3.    Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta mulok.

     e.  Kriteria Penerimaan Mutasi
            Persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta didik yang akan mutasi ke SMP Negeri I
            Sumberwringin adalah sebagai berikut :
      1.    Siswa berasal dari lembaga SMP atau MTS ( Tsanawiyah ) Negeri
      2.    Siswa berasal dari sekolah swasta terakreditasi minimal sama dengan akreditasi SMP Negeri I Sumberwringin.
      3.    Siswa membawa Surat Mutasi dan Rapor dari sekolah asal.
      4.    Siswa harus mematuhi peraturan dan tata tertip di SMP Negeri I Sumbewringin.


7. Rumus Penilaian
             Dalam menentukan penilaian siswa SMP Negeri I Sumberwringin dalam pembelajaran, maka sekolah mempunyai rumus penilaian dalam menentukan nilai pencapaian siswa sebagai berjkut :
             NH = Rata-rata tugas + Rata-rata UH
                                          2
            NR = 2NH + UTS + NU
                                    4
      Keterangan :
      NR  =  Nilai Rapor
      NH  =  Nilai Harian
      UH  =  Ulangan Harian
      NU  =  Nilai Ulangan Semester




KELENDER PENDIDIKAN

      Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Sedangkan yang  dimaksud kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

A. Alokasi Waktu
                Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran.
Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk Setiap tahun pelajaran. Waktu pemnbelajaran efektif adalah jumlah pembelajaran setiap minggu, Meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran termasuk muatan Lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan Pembelajaran. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antarSemester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum,  Termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

B.  Penetapan Kalender Pendidikan
       1.     Permulaan tahun pelajaran adalah bulan juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
       2.     Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Bupati, dan atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
       3.     Pemerintah Kabupaten dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.
       4.     Kalender pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh SMP Negeri I Sumberwringin berdasarkan alokasi waktu sebagaimana tersebut pada dokumen Standar Isi ini dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.





Prediksi Jumlah Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2012/2013

Semester  : I
NO
BULAN
JME
HES
HEF
KTS
LU
LHB
LS
LPP
LHR
JML
HEF&HARI LIBUR
1
Juli 2012
3
9
8
-
3
-
-
3
-
14
2
Agustus 2012
5
5
10
-
4
2
-
-
10
26
3
September 2012
4
25
-
-
5
-
-
-
-
5
4
Oktober 2012
4
26
-
6
4
1
-
-
-
5
5
Nopember 2012
5
24
-
-
4
1
-
-
-
5
6
Desember 2012
3
19
-
-
5
1
6
-
-
12

JUMLAH
24
108
18
6
25
5
6
3
10
67

Keterangan
JME     : Jumlah Minggu Efektif                          LHB       : Libur Hari Besar
HES     : Hari Efektif Sekolah                              LS           : Libur Semester
HEF     : Hari Efektif Fakultatif                           LPP         : Libur Permulaan Puasa
KTS     : Kegiatan Tengah Semester                     LHR       : Libur Hari Raya
LU                   : Libur Umum

Semester : II
NO
BULAN
JME
HES
HEF
KTS
LU
LHB
LS
LPP
LHR
JML
HEF&HARI LIBUR
1
Januari 2013
4
21
-
-
4
2
-
-
-
6
2
Februari 2013
4
25
-
-
4
-
-
-
-
4
3
Maret 2013
4
24
-
6
4
2
-
-
-
6
4
April 2013
4
26
-
-
4
-
-
-
-
4
5
Mei 2013
5
25
-
-
4
2
-
-
-
6
6
Juni 2013
3
18
-
-
4
1
6
-
-
11

JUMLAH
24
139
0
6
24
7
6
0
0
37

Keterangan
JPE      : Jumlah Minggu Efektif                          LHB       : Libur Hari Besar
HES     : Hari Efektif Sekolah                              LS           : Libur Semester
HEF     : Hari Efektif Fakultatif                           LPP         : Libur Permulaan Puasa
KTS     : Kegiatan Tengah Semester                     LHR       : Libur Hari Raya
LU            : Libur Umum

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK OSIS DAN MAJELIS PERWAKILAN KELAS (MPK) SMP NEGERI 1 SUMBERWRINGIN 2022

Edukasi Pencegahan Stunting (Buletin Smeber Vol 4 tanggal1 April 2023)

Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan