Kurikulum
Urusan Kurikulum SMP Negeri 1 Sumberwringin
Tahun Pelajaran 2013/2014
HADI ENDRIANTO
STRUKTUR DAN MUATAN
KURIKULUM
SMP NEGERI 1 SUMBERWRINGIN
A.
Stuktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan
susunan mata pelajaran yang harus di tempuh oleh peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan
dalam kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik sesuai dengan beban
belajar yang tercantum dalam stuktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang kembangkan berdaarkan sandar kompetensi
lulusan.
Stuktur
kurikulum terdiri atas tiga komponen, yaitu komponen mata pelajaran, muatan
lokal, dan pengembangan diri. Komponen mata pelajaran
dikelompokkan sebagai berikut :
a. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak
mulia
b. Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan
dan kepribadian
c. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan
dan teknologi
d.
Kelompok mata pelajaran
estetika, dan
e. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga
dan kesehatan.
Komponen
muatan lokal dan pengembangan diri merupakan bagian integral dari stukur
kurikulum.
Struktur kurikulum ini
meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan
selama tiga tahun, yakni mulai kelas VII sampai dengan kelas IX, stuktur kurikulum
disusun berdasarkan SKL, SK dan KD mata pelajaran dengan ketentuan sebagai
berikut :
a. Kurikulum ini memuat 10 mata pelajaran, 2 muatan
lokal, Bimbingan Konseling dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel
Struktur kurikulum.
b. Muatan lokal merupakan kegiatan
pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas
dan potensi daerah, termasuk keuangan daerah, yang materinya tidak dapat
dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal telah
ditentukan oleh sekolah, Muatan lokal wajib Bahasa Daerah Madura dan Baca Tulis
Alqur’an.
c. Pengembangan diri bukan merupakan mata
pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengespresikan diri
sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat septiap peserta didik sesuai dengan
kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing
oleh konselor, guru dan tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan
pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan
sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik, kegiatan terstuktur
wajib baca, dan kegiatan ekstrakurikuler.
d. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan
“ IPA terpadu “ dan “ IPS terpadu “
e.
Jam
pelajaran untuk setiap pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam stuktur
kurikulum. Sekolah menambah empat jam pelajaran per
minggu secara keseluruhan.
f. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah
40 menit
g. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran
( dua semester ) adalah 34 – 38 minggu
Struktur kurikulum SMP Negeri
1 Sumberwringin :
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||||
VII
|
VIII
|
IX
|
||||
A
|
1.
|
Mata Pelajaran
Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
|
2.
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
||
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
||
4.
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
||
5.
|
Matematika
|
4
+ 1
|
4
+ 1
|
4 +1
|
||
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
||
7.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
||
8.
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
||
9.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
||
10.
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
||
11.
|
Bimbingan
Konseling
|
1
|
1
|
1
|
||
B
|
1.
|
Muatan
Lokal :
A.
Bahasa Daerah
|
2
|
2
|
2
|
|
B.
Baca Tulis Alqur’an
|
2
|
2
|
2
|
|||
Jumlah
|
36
|
36
|
36
|
|||
C
|
1.
|
Pengembangan
Diri
Rutin
/terstuktur
|
||||
a) Wajib Baca di Ruang Perpustakaan
|
||||||
b)
Bimbingan Konseling
|
||||||
c)
Upacara Bendera
|
||||||
d) Sholat Dhuha dan Duhur berjamaah
|
||||||
2.
|
Pilihan
|
|||||
a)
Teater
|
||||||
b)
Pramuka
|
||||||
c)
Bola Basket
|
||||||
d)
Bola volley
|
||||||
e)
Komputer
|
||||||
f)
Sepak Bola
|
||||||
g)
Drum Band
|
B.
Muatan KTSP
1.
Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama Islam
Tujuan :
1)
Menerapkan
tata cara membaca AI-Qur’an menurut tajwid.
2)
Meningkatkan
pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman.
3)
Menjelaskan
serta membiasakan perilaku terpuji.
b. Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan :
1)
Memahami
dan menunjuka sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan
peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2)
Menjelaskan
makna Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana Kebatinan
konstitusi pertama.
3)
Menghargai
perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan Bertanggung jawab.
4)
Menampilkan
perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
5)
Menunjukkan
sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6)
Menjelaskan
makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
7)
Menunjukkan
sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8)
Memahami
prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
c. Bahasa Indonesia
Tujuan :
1) Mendengarkan
Memahami
wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita, Radio/TV,
dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra
berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan synopsis novel.
2) Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasan, informasi, pengalaman, pendapat dan komentar dalam
kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato serta dalam
berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi dan drama.
3) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai
bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek,
drama novel remaja, antalogi puisi, novel dari berbagai angkatan.
4) Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan Informasi dalam bentuk buku harian , surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas,
petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan poster, iklan baris, resensi,
karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya
sastra berbentuk pantun,dongeng, puisi, drama dan cerpen.
d. Bahasa Inggris
Tujuan :
1)
Mendengarkan
Memahami makna dalam
wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report,
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2)
Berbicara
Mengungkapkan makna secara
lisan interpersonal dan transaksional sederhana secara formal maupun informal,
dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
3)
Membaca
Memahami
makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana secara formal
maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive dan
report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
4)
Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana
secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive
dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.
e. Matematika
Tujuan :
1)
Memahami
konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya ( komotatif, asosiatif,
distributif ), barisan bilangan sederhana ( barisan artmetika dan
sifat-sifatnya ), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2)
Memahami
konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan
Pertidak samaan linier serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi,
fungsi dan grafiknya, system persamaan linier dan penyelesaiannya, serta
penggunaannya dalam penyelasaian masalah.
3)
Memahami
bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan Pengukurannya,
meliputi: hubungan antar garis,sudut (melukis sudut dan membagi sudut) , segitiga (termasuk melukis segitiga)
dan segi empat, teorema pytagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran
luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, nalok, prisma, limas
dan jaring-jaringnya kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut,bola, serta
penggunakannya dalam pemecahan masalah.
4)
Memahami
konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, Diagram,
grafik), rentangan data, serta hitung,modus dan median, serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
5)
Memahami
konsep ruang sampel dan peluang kejadia, serta memanfaatkan dalam pemecahan
masalah.
6)
Memiliki
sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan .
7)
Memiliki
kemampuan berfikir logis, analitis, kritis dan kreatif, serta menerapkannya kemampuan
kerjasama.
f. Ilmu Pengetahun Alam
Meliputi : Fisika, Biologi, dan Kimia
Tujuan :
1)
Melakukan
pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur,
mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam table dan grafik yang sesuai,
membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis sesuai dengan
bukti yang diperoleh.
2)
Memahami
keanekaragaman hayati, klasifikasi keragaman antar mahkluk hidup di dalam ekosistem.
3)
Memahami
system organ pada manusia dan kelangsungan mahkluk hidup.
4)
Memahami
konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya.
5)
Memahami
konsep gaya, usaha, energy, getaran, gelombang, optic, listrik, magnet, dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
6)
Memahami
system tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
g. Ilmu Pengetahuan Sosial
Meliputi : Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan
Sosiologi
Tujuan :
1)
Mendiskripsikan
keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan.
2)
Memahami
proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia.
3)
Membuat
sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk
mendapatkan
informasi keruangan.
4)
Mendiskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5)
Mendiskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak pra-aksara, Hindu
Budha, sampai masa Kolonial Eropa.
6)
Mengidentifikasi
upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam
pembangunan berkelanjutan.
7)
Memahami
proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan
kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
8)
Mendiskripsikan
perubahan sosial budaya dan tepe-tipe perilaku masyarakat dalam dalam menyikapi
perubahan, serta mendiskripsikan berbagai penyakit sosial sebagai akibat
penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya.
9)
Mengidentifikasi
region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas
benua dan samudra, keterkaitan unsu-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri
negara maju dan berkembang.
10) Mengidentifikasikan perkembangan lembaga
Internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan Internasional,
serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
11) Mendiskripsikan manusia sebagai mahkluk
sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motf dan
prisip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan.
12) Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan
ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk
mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
h. Seni Budaya
Meliputi : Seni Rupa, Seni Musik, Seni
Tari dan Seni Teater
Tujuan :
Seni Rupa
1) Mengapresiasi dan mengekpresikan karya
seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyk tiga dimensi yang ada di daerah
setempat.
2) Mengapresiasi dan mengekpresikan karya
seni rupa terapan melalui gambar/lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil
batik daearah Nusantara.
3) Mengapresiasi dan mengekpresikan karya
seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
Mancanegara.
Seni Musik
1)
Mengapresiasi
dan mengekpresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan
dan kelompok.
2)
Mengapresiasi
dan mengekpresikan karya seni musik tradisional Nusantara secara perseorangan
dan kelompok.
3)
Mengapresiasi
dan mengekpresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan
kelompok.
Seni Tari dan Seni Teater
1)
Mengapresiasi
dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara.
2)
Mengapresiasi
mengekpresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater
daearah setempat.
3)
Mengapresiasi
mengekpresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater
daearah Nusantara.
4)
Mengapresiasi
mengekpresikan karya seni teater tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan
dan pesan moral seni teater daearah
setempat, Nusantara dan Mancanegara.
i. Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesenian
Tujuan :
1) Mempraktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya.
2)
Mempraktekkan
senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
3) Mempraktekkan
teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
4)
Mempraktekkan
teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana.
5) Mempraktekkan
kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam
sekitar dan piknik.
j. Tekhnologi Informasi dan
Komunikasi
Meliputi : kerajinan,
pemanfaatan tekhnologi sederhana, kewirausahaan, dan tekhnologi Informasi dan
Komunikasi.
Tujuan :
1) Memahami penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang.
2) Menguasai dasar-dasar ketrampilan
komputer.
3) Menggunakan perangkat pengolah kata dan
angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4) Memahami prinsip dasar internet/intranet
dan menggunakannya untuk memperoleh Informasi.
2.
Muatan Lokal
a Mulok Wajib Bahasa Madura
Tujuan :
Membina
ketrampilan berbahasa madura baik lisan maupun tertulis dalam
Upaya mempertahankan
nilai – nilai budaya jawa masyarakat setempat dalam wujud
komunikasi dan
apresiasi sastra
b. Mulok Wajib Baca Tulis Alqur’an
Tujuan :
Meningkatkan ketrampilan siswa membaca dan menulis Al – Qur’an dalam
rangka
Meningkatkan ketaqwaan dan
mengamalkan nilai-nilaimyang ada dalam Al Qur’an
dalam kehidupan.
3.
Pengembangan diri
Berdasarkan kondisi objektif sekolah, kegiatan
pengembangan diri yang dipilih dan ditetapkan adalah sebagai berikut :
a. Rutin/terstuktur
1). Wajib
Baca di Ruang Perpustakaan
Tujuan :
Ø Menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada siswa
Ø Meningkatkan penguasaan informasi tentang
ilmu pengetahuan, keagaamaan, dan fiksi pada siswa.
Wajib
Baca setiap awal pelajaran ( Matematika, IPA, Bahasa Inggris )
Berupa : - Matematika dan IPA : Rmus-rumus
- Bahasa Inggris :
Kosa kata
Kegiatan tersebut
berulang-ulang sampai 85% siswa menguasai, setelah itu dilanjutkan periode
kedua dengan isi rumus atau kosa kata berbeda atau berupa lanjutan periode
sebelumnya. Setiap anak diberi foto copy data rumus atau kosa kata, satu siswa
diberi tugas membacakan di depan kelas.
2) Bimbingan Konseling
Tujuan :
Ø Masalah kesulitan belajar siswa
Ø Pengembangan karier siswa
Ø Pemilihan jejang pendidikan yang lebih
tinggi
Ø Masalah dalam kehidupan sosial siswa
3). Upacara Bendera
Tujuan :
Ø Meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air pada diri siswa
4) Sholat Duha dan Duhur Berjamaah
Tujuan :
Meningkatkan kebiasaan siswa dalam mengaplikasikan dan menerapkan
nilai - nilai ajaran agama yang diyakini
menuju pembentukan mental yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan secara utuh.
b. Pilihan
1) Teater
Tujuan :
Ø Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam
bidang seni tari
Ø Menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap seni tari nusantara.
Ø Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam
bidang teater
Ø Menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial
Ø Menngkatkan daya kreasi dan apresiasi seni
pada siswa
Ø Mengembangkan minat, bakat, dan prestasi
siswa dalam bidang olah vokcal/menyanyi
Ø Meningkatkan daya kreasi, apresiasi, dan
kepekaan bidang seni suara
2) Pramuka
Tujuan :
Ø Memberi wahana kepada siswa untuk berlatih berorganisasi
Ø Melatih siswa agar terampil dan mandiri
Ø Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
Ø Menanamkan rasa bangga dan cinta terhadap
tanah airnya.
Ø Mengembangkan jawa sosial dan peduli
kepada orang lain
3) Bola Basket
Tujuan :
Ø Mengembangkan prestasi siswa dalam bidang
bola basket
Ø Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan
siswa dalam permainan bola basket sebagai olah raga prestasi
Ø Meningkatkan kalitas kesehatan dan
sportifitas siswa
4) Bola Voly
Tujuan :
Ø Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam
bidang bola voly sebagai olah raga prestasi
Ø Meningkatkan kesehatan fisik dan mental
siswa
Ø Menumbuhkah sportifitas
5) Komputer
Tujuan :
Ø Mengenal komputer dan bagian-bagiannya
Ø Mengembangkan bakat, minat, dan prestasi
siswa dalam teknologi informasi dan komunikasi
Ø Menumbuhkah sportifitas.
6) Sepak Bola
Tujuan :
Ø Mengembangkan bakat, minat, dan prestasi
siswa dalam bidang sepak bola
Ø Meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan
mental siswa
Ø Menumbuhkah sportifitas.
7) Drum Band
Ø Mengembangkan keterampilan bidang alat
musik (Drum Band).
Ø Menanamkan rasa tanggungjawab, berani, dan
percaya diri.
Ø Meningkatkan kerjasama.
Mekanisme pelaksanaan kegiatan pengembangan diri
a.
Kegiatan pengembangan diri yang
bersifat rutin/terstuktur dilaksanakan pada waktu pembelajaran efektif dengan
mengalokasikan waktu khusus dalam jadwal pelajaran, dibina oleh guru dan
konselor sekolah.
b.
Kegiatan pengembangan diri
pilihan dilaksanakan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dibina oleh
guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan
keputusan kepala sekolah.
c.
Alokasi waktu
Pengembangan diri untuk kelas VII, VIII dan IX dialokasikan 2 jam pelajaran
( ekuivalen 2 x 40 menit )
d.
Penilaian
Kegiatan
pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala (setiap akhir semester
) kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk nilai kualitatif.
4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar di SMP Negeri 1 Sumberwringin – Bondowoso
menggunakan system paket dengan ketentuan sebagai berikut :
Kelas
|
Satu jam
pembelajaran tatap muka/menit
|
Jumlah jam
pembelajaran per minggu
|
Minggu efektif pertahun pelajaran
|
Waktu
pembelajaran/jam per tahun
|
VII
|
40
|
36
|
38
|
1368
|
VIII
|
40
|
36
|
38
|
1368
|
IX
|
40
|
36
|
38
|
1368
|
Alokasi waktu penguasaan terstuktur dan kegiatan mandiri
tidak terstuktur di SMP Negeri 1 Sumberwringin – Bondowoso maksimal 50 % dari
waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
Komponen
|
Alokasi waktu kegiatan/jam pelajaran per
minggu
|
||
Tatap muka
|
Penugasan
terstruktur maksimal ekuivalen dengan :
|
||
A
|
Mata Pelajaran
1.
Pendidikan agama
|
2
|
1
|
2.
Pendidikan kewarganegaraan
|
2
|
1
|
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
2
|
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
2
|
|
5.
Matematika
|
4 + 1
|
2
|
|
6.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
2
|
|
7.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
2
|
|
8.
Seni Budaya
|
2
|
1
|
|
9. Pendidikan jasmani, olah raga dan
kesehatan
|
2
|
1
|
|
10.
Ketrampilan/tekhnologi
Informasi Komunikasi
|
2
|
1
|
|
11.
Bimbingan Konseling
|
1
|
1
|
|
B
|
Muatan Lokal
1.
Bahasa Madura
|
2
|
2
|
2.
Baca Tulis Alqur’an
|
2
|
2
|
|
Alokasi waktu praktik, dua jam
kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam
praktik di luar sekolah setara satu jam tatap muka.
5. Ketuntasan Belajar
NO
|
MATA PELAJARAN
|
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )
|
|||||
2011/2012
|
2012/2013
|
||||||
KELAS
|
KELAS
|
||||||
A. Mata Pelajaran
|
VII
|
VIII
|
IX
|
VII
|
VIII
|
IX
|
|
1
|
Pendidikan Agama
|
70
|
72
|
75
|
70
|
75
|
75
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
70
|
72
|
75
|
75
|
75
|
77
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
71
|
72
|
72
|
72
|
72
|
75
|
4
|
Bahasa Inggris
|
72
|
72
|
72
|
72
|
72
|
72
|
5
|
Matematika
|
70
|
71
|
74
|
73
|
71
|
75
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
70
|
72
|
72
|
76
|
72
|
73
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
72
|
72
|
72
|
72
|
72
|
72
|
8
|
Seni Budaya
|
70
|
73
|
75
|
75
|
75
|
75
|
9
|
Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
|
71
|
71
|
72
|
72
|
72
|
72
|
10
|
Ketrampilan/tekhnologi
Informasi Komunikasi
|
70
|
70
|
70
|
70
|
72
|
72
|
B. Muatan Lokal
|
|||||||
1
|
Bahasa Madura
|
75
|
75
|
75
|
76
|
77
|
75
|
2
|
Baca Tulis
Alqur’an
|
70
|
70
|
72
|
71
|
75
|
75
|
C. Pengembangan diri
|
Ketuntasan belajar didasarkan pada beberapa pertimbangan,
diantaranya intake peserta didik, kemampuan daya dukung (sarana/prasarana), dan
kompleksitas tiap–tiap mata pelajaran. Berdasarkan pertimbangan tersebut, SMP
Negeri 1 Sumberwringin – Bondowoso menetapkan ketuntasan belajar sesuai dengan yang tercantum di tabel untuk
semua mata pelajaran.
Peserta didik yang belum dapat mencapai ketuntasan
belajar minimal harus mengikuti program perbaikan ( remedial ) sampai mencapai
ketuntasan belajar yang dipersyaratkan ( pelaksanaan remedial test maksimal dua
kali ). Siswa yang mencapai ketuntasan belajar lebih dari 80 % dapat mengikuti program pengayaan ( enrichment
).
Kegiatan perbaikan dan pengayaan dilaksanakan di luar
jam tatap muka ( sepulang sekolah ) dengan jadwal sebagai berkut :
NO
|
HARI
|
KELAS
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
1
|
Senin
|
Bahasa Inggris
PPKn
|
IPS
Pendidikan Agama
|
Matematika
Seni Budaya
|
2
|
Selasa
|
IPS
Pendidikan Agama
|
Matematika
Seni Budaya
|
IPA
Tinkom/Ketrampila
|
3
|
Rabu
|
Matematika
Seni Budaya
|
IPA
Tinkom/Ketrampilan
|
Bahasa Indonesia
Bahasa Madura
|
4
|
Kamis
|
IPA
Tinkom/Ketrampilan
|
Bahasa Indonesia
Bahasa Madura
|
Bahasa Inggris
PPKn
|
5
|
Sabtu
|
Bahasa Indonesia
Bahasa Madura
|
Bahasa Inggris
PPKn
|
IPS
Pendidikan Agama
|
6.
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kriteria Kenaikan
Kelas
Peserta didik dinyatakan
naik kelas apabila memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
pada dua semester di kelas yang diikuti
2. Kenaikan kelas dipertimbangkan berdasarkan nilai laporan hasil
belajar semester II
3. Kriteria
kenaikan kelas :
a. Siswa
telah mengikuti proses pembelajaran selama dua semester pada setiap tingkat kelas.
b.
Memiliki nilai pada setiap mata
pelajaran sesuai dengan tingkat kelasnya.
c. Memenuhi
standar ketuntasan minimal pada setiap kompetensi dasar mata pelajaran
d. Nilai
pencapaian kompetensi dipertimbangkan dari nilai pencapaian kompetensi Semester
I dan Semester 2 untuk setiap mata pelajaran.
e. Siswa
yang mendapat nilai pencapaian kompetensi kurang dari standar ketuntasan
minimal, harus mendapat remidial pada kelas yang diikutinya. materi yang
diremidial adalah hanya kompetensi dasar yang belum tuntas.
f. Boleh
ada nilai kurang dari KKM sebanyak-banyaknya 3 mata pelajaran.
g. Tidak boleh ada
nilai kurang dari 5,00
h. Tingkat kehadiran siswa dalam proses belajar
mengajar dipertimbangkan.
i. Tidak boleh lebih dari 15 hari siswa tidak
hadir dalam PBM tanpa keterangan (alpha) dalam satu semester.
j. Memiliki nilai
minimal baik untuk aspek kepribadian, kelakuan, dan kerajinan.
b. Kriteria
Kelulusan Ujian Nasional
Peserta Ujian Nasional
dinyatakan lulus jika memenuhi standard Kelulusan sebagai berikut :
a. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan
berdasarkan NA.
b.
NA sebagaimana dimaksud butir a diperoleh dari gabungan Nilai Sekolah sebagaimana
yang ditetapkan dalam persyaratan Kelulusan Ujian Sekolah dari 40% untuk Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang
diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.
c. Pembulatan Nilai Akhir (NA) dinyatakan dalam bentuk dua desimal,
apabila desimal kedua > atau = 5 maka
dibulatkan ke atas.
d. Peserta
didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana
dimaksud pada butir b mencapai paling rendah 5,5 ( lima koma lima ) dan nilai
setiap mata pelajaran paling rendah 4,0
( empat koma nol ).
c. Kriteria Kelulusan Ujian Sekolah
Lulus
Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi:
1, Peserta didik dinyatakan lulus ujian sekolah apabila memiliki
Nilai Sekolah minimal sama dengan KKM semester ke-6 untuk seluruh mata
pelajaran yang diujikan sekolah.
2. Nilai Sekolah diperoleh dari gabungan antara nilai Ujian Sekolah
dan nilai rata-rata rapor semester
1,2,3,4, dan semester 5 dengan pembobotan 60% ( enam puluh persen ) untuk nilai
Ujian Sekolah dan 40% ( empat puluh persen ) untuk nilai rata-rata rapor.
3. Skala yang digunakan pada
Nilai Sekolah, nilai rapor, dan nilai akhir adalah nol sampai sepuluh.
4. Pembulatan nilai gabungan
Nilai Sekolah dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua desimal,
apabila desimal ketiga > atau = 5 maka dibulatkan ke atas.
d. Kriteria
Kelulusan Dari Satuan Pendidikan
Pesrta didik dinyatakan lulus dari satuan
pendidikan pada pendidik dasar dan menengah
Setelah :
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2. Memperoleh nilai minimum
baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran agama dan akhlaq mulia,
kelompok mata pelajaran kawarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata
pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah raga dan
Kesehatan.
3. Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata
pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta mulok.
e. Kriteria Penerimaan Mutasi
Persyaratan yang harus
dipenuhi oleh peserta didik yang akan mutasi ke SMP Negeri I
Sumberwringin
adalah sebagai berikut :
1. Siswa berasal dari lembaga SMP atau MTS (
Tsanawiyah ) Negeri
2. Siswa berasal dari sekolah
swasta terakreditasi minimal sama dengan akreditasi SMP Negeri I Sumberwringin.
3. Siswa membawa Surat
Mutasi dan Rapor dari sekolah asal.
4. Siswa harus mematuhi
peraturan dan tata tertip di SMP Negeri I Sumbewringin.
7. Rumus Penilaian
Dalam
menentukan penilaian siswa SMP Negeri I Sumberwringin dalam pembelajaran, maka
sekolah mempunyai rumus penilaian dalam menentukan nilai pencapaian siswa
sebagai berjkut :
NH = Rata-rata
tugas + Rata-rata UH
2
NR = 2NH + UTS
+ NU
4
Keterangan :
NR =
Nilai Rapor
NH =
Nilai Harian
UH = Ulangan Harian
NU =
Nilai Ulangan Semester
KELENDER PENDIDIKAN
Kurikulum satuan pendidikan pada setiap
jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada
setiap tahun ajaran. Sedangkan yang
dimaksud kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan
pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan
tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari
libur.
A. Alokasi
Waktu
Permulaan tahun pelajaran
adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran.
Minggu
efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk Setiap tahun
pelajaran. Waktu pemnbelajaran efektif adalah jumlah pembelajaran setiap minggu,
Meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran termasuk muatan Lokal,
ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
Waktu
libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan Pembelajaran.
Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antarSemester, libur
akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum, Termasuk hari-hari besar nasional, dan hari
libur khusus.
B. Penetapan Kalender Pendidikan
1. Permulaan tahun pelajaran adalah bulan juli
setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
2. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan/atau Menteri Agama dalam hal yang
terkait dengan hari raya keagamaan, Bupati, dan atau organisasi penyelenggara
pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
3. Pemerintah Kabupaten dapat menetapkan hari
libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.
4. Kalender pendidikan untuk setiap satuan
pendidikan disusun oleh SMP Negeri I Sumberwringin berdasarkan alokasi waktu
sebagaimana tersebut pada dokumen Standar Isi ini dengan memperhatikan
ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
Prediksi Jumlah Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2012/2013
Semester : I
NO
|
BULAN
|
JME
|
HES
|
HEF
|
KTS
|
LU
|
LHB
|
LS
|
LPP
|
LHR
|
JML
HEF&HARI
LIBUR
|
1
|
Juli
2012
|
3
|
9
|
8
|
-
|
3
|
-
|
-
|
3
|
-
|
14
|
2
|
Agustus
2012
|
5
|
5
|
10
|
-
|
4
|
2
|
-
|
-
|
10
|
26
|
3
|
September
2012
|
4
|
25
|
-
|
-
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
4
|
Oktober
2012
|
4
|
26
|
-
|
6
|
4
|
1
|
-
|
-
|
-
|
5
|
5
|
Nopember
2012
|
5
|
24
|
-
|
-
|
4
|
1
|
-
|
-
|
-
|
5
|
6
|
Desember
2012
|
3
|
19
|
-
|
-
|
5
|
1
|
6
|
-
|
-
|
12
|
JUMLAH
|
24
|
108
|
18
|
6
|
25
|
5
|
6
|
3
|
10
|
67
|
Keterangan
JME : Jumlah Minggu Efektif LHB : Libur Hari Besar
HES :
Hari Efektif Sekolah LS : Libur Semester
HEF :
Hari Efektif Fakultatif LPP : Libur Permulaan Puasa
KTS :
Kegiatan Tengah Semester LHR : Libur Hari Raya
LU : Libur Umum
Semester : II
NO
|
BULAN
|
JME
|
HES
|
HEF
|
KTS
|
LU
|
LHB
|
LS
|
LPP
|
LHR
|
JML
HEF&HARI
LIBUR
|
1
|
Januari
2013
|
4
|
21
|
-
|
-
|
4
|
2
|
-
|
-
|
-
|
6
|
2
|
Februari
2013
|
4
|
25
|
-
|
-
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
3
|
Maret
2013
|
4
|
24
|
-
|
6
|
4
|
2
|
-
|
-
|
-
|
6
|
4
|
April
2013
|
4
|
26
|
-
|
-
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
5
|
Mei
2013
|
5
|
25
|
-
|
-
|
4
|
2
|
-
|
-
|
-
|
6
|
6
|
Juni
2013
|
3
|
18
|
-
|
-
|
4
|
1
|
6
|
-
|
-
|
11
|
JUMLAH
|
24
|
139
|
0
|
6
|
24
|
7
|
6
|
0
|
0
|
37
|
Keterangan
JPE : Jumlah Minggu
Efektif LHB : Libur Hari Besar
HES :
Hari Efektif Sekolah LS : Libur Semester
HEF :
Hari Efektif Fakultatif LPP : Libur Permulaan Puasa
KTS :
Kegiatan Tengah Semester LHR : Libur Hari Raya
LU :
Libur Umum