VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
“Beriman dan bertakwa, cerdas, berkarakter
dan cinta lingkungan”.
B. Misi
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
1.
Menciptakan profil pelajar
yang berakhlak mulia dan rajin beribadah.
2.
Menciptakan pembelajaran yang berdiferensiasi , menyenangkan dan berkarakter .
3.
Mengintegrasikan pembelajaran
sosial emosional
4.
Meningkatkan manajemen satuan pendidikan yang adaftif, berkarakter, dan menjamin
mutu
5.
Menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat perkembangan intelektual, sosial,
emosional, ketrampilan, dan pengembangan budaya lokal dalam kebhinekaan global
6.
Menciptakan profil pelajar yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar
kritis dan kreatif sehingga mampu mengkreasi ide dan keterampilan yang inovatif
7.
Menciptakan profil pelajar yang cakap menggunakan teknologi informatika
dalam pembelajaran
8.
Menjamin hak belajar
setiap anak tanpa terkecuali termasuk
anak yang berkebutuhan khusus (inklusi) dalam proses
pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai gotong-royong.
9.
Menciptakan partisipasi aktif orang tua dan masyarakat dalam
keberagaman yang mewadahi
kreatifitas pelajar yang berjiwa kompetitif melalui uji publik.
C. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai SMP Negeri 1 Sumberwringin sebagai bentuk untuk mewujudkan visi sekolah yang tealah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
a. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
b. Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.
c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.
d. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mengkreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
e. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mnegedepankan jiwa kegotong-royongan
2. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun )
a. Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
b. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
c. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata;
d. Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong - royongan.
e. Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal
f. Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan jaman.
g. Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global
h. Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan jaman.
i. Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
j. Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah.
Komentar
Posting Komentar