PROGRAM SEKOLAH BUDAYA

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BONDOWOSO

LOGO kecil DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANPemda

UPTD SPF SMP NEGERI 1 SUMBER WRINGIN

Jalan Sukosari Kidul – Sumber Wringin, Telp. (0332) 321071

e-mail : smpn1sumberwringin_bond@yahoo.co.id

Kecamatan : Sumber Wringin

B O N D O W O S O

 

SEKOLAH BUDAYA

A.      LATAR BELAKANG

Era globalisasi telah membuat kehidupan mengalami perubahan yang  signifikan,  bahkan terjadi degradasi moral dan sosial budaya yang cenderung kepada pola-pola perilaku menyimpang. Hal ini sebagai dampak pengadopsianBudaya luar secara berlebihan dan tak terkendali oleh sebagian anak-anak kita. Persepsi budaya luar ditelan mentah-mentah tanpa mengenal lebih jauh nilai-nilai budaya luar secara arif dan bertanggung jawab. Tak dipungkiri pula, kehadiranteknologi yang serba digital dewasa ini banyak menjebak Anak-anak kita untukmengikuti perubahan.

Umur 12 - 15 tahun, adalah fase umur dimana anak-anak sedang mengecap bangku pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama atau MadrasahTsanawiyah. Mereka adalah anak-anak yang sedang dalam fase anak-anak awal.Pada fase usia SMP/MTs, mereka sudah mulai cenderung susah untuk diatur dan cenderung suka meniru-niru trend yang sedang berkembang. Kecenderungan ini tampak sekali bertolak belakang dengan tata tertib yang dibuat oleh sekolah yang cenderung mengikat siswa dengan berbagai aturan kaku. Tentu saja, aturan dalam tata tertib sekolah ini sangat membelenggu mereka, sehingga mereka cenderung untuk melakukan pelanggaran itu. Contoh aturan yang sering mereka langgar antara lain, tidak diperkenankan membawa HP ke sekolah, menggunakan celana ketat, rok yang agak pendek, baju yang agak ketat, tidak memakai lambang/badge sekolah, rambut panjang, membolos, mengkonsumsi obat-obatan terlarang ,berkelahi, ber make-up tidak sesuai usia dan sebagainya.

Banyak sekolah yang tidak memperkenan muridnya membawa HP ke sekolah. Alasannya, siswa belum siap dengan dampak  kemajuan teknologi. Mereka belum bisa membedakan, mana yang memberikan manfaat buat pendidikan sekolah, dan mana yang tidak. Mereka lebih sering membawa HP untuk keperluan selfie, facebook, twitter, instagram, dan media sosial lainnya yang tidak berkaitan dengan pembelajaran.

Degradasi Moral adalah salah satu dampak yang dihasilkan oleh pengaruh Globalisasi yang berarti kemerosotan moral yang terjadi pada orang- orang yang terpengaruh oleh Globalisasi itu sendiri seperti Anak-anak . Jika kita interpretasikan maka degradasi moral merupakan suatu fenomena adanya kemerosotan atas budi pekerti seseorang maupun sekelompok orang.

 Fenomena Anak-anak yang terjadi menunjukkan bahwa adanya degradasi moral yang saat ini dialami dalam lingkungan kita. Hal yang menyebabkan terjadinya degradasi moral ini karena adanya globalisasi yang semakin masuk ke Indonesia.Faktor utama yang mengakibatkan degradasi moral Anak-anak ialah perkembangan globalisasi yang tidak seimbang. Virus globalisasi terus menggerogoti bangsa ini. Sayangnya kita seakan tidak sadar, namun malah mengikutinya. Kita terus menuntut kemajuan di era global ini tanpa memandang lagi aspek kesantunan budaya negeri ini. Ketidakseimbangan itulah yang pada akhirnya membuat moral semakin jatuh dan rusak.

Pelaksanaan Sekolah Budaya ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Kelas Budaya tahun sebelumnya. Pada Program Kelas Budaya hanya dilaksanakan pada satu kelas saja dimana diharapkan siswa/siswi peserta Kelas Budaya diharapkan mampu mengimbaskan ilmu maupun karakter  yang mereka dapatkan kepada siswa siswi yang lain.Tapi pada kenyataannya mereka tidak mampu mengimbaskan ke teman-temannya karena jumlah mereka terlalu sedikit. Demikian juga hasil uji public kepada wali murid ternyata perubahan yang dialami anak-anak hanya bertahan dalam beberapa waktu saja karena mereka justru terpengaruh teman yang lain. Oleh karena itu maka sekolah mencanagkan Program Kelas Budaya yang berlaku untuk semua siswa semua jenjang dengan harapan perubahan perilaku dan karakter akan tampak secara signifikan karena diberlakukan untuk semua siswa.

Program Sekolah Budaya melibatkan semua siswa, wali murid, semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, komite sekolah dan juga pihak Pondok Darul Akhlaq. Pondok Darul Akhlaq adalah pondok pesantren yang ada di sekitar sekolah yang bekerjasama dengan sekolah untuk membantu terlaksananya Program Sekolah Budaya dengan memberikn fasilitas tempat juga tenaga pengajar yang kompeten.

 

B.       TUJUAN

1.       Untuk kelas 7 dan 8, kegiatan ini merupakan pembelajaran P5 (Proyek penguatan profil pelajar Pancasila) dengan tema “Kebhinekaan Global” yang akan diimplementasikan dengan melaksanakan kegiatan mondok sebagai nilai raport P5 di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024

2.       Untuk kelas 9, kegiatan ini merupakan kegiatan Tengah Semester Ganjil tahun pelajaran 2023/2024 untuk mengambil nilai raport UTS .

3.       Membenahi karakter siswa terkait dengan penurunan moral anak baik dalam pergaulan dengan teman sebaya maupun dengan orang tua/guru.

4.       Membiasakan siswa untuk disiplin dalam hal melaksanakan ibadah dan terbiasa mematuhi tata tertib yang ada dimanapun berada.

5.       Mengurangi ketergantungan siswa terhadap penggunaan gadget/HP sehingga siswa bisa lebih konsentrasi dalam belajar.

 

C.      JADWAL PELAKSANAAN

Pelaksanaan mondok akan dimulai hari Senin 16 Oktober 2023 sampai dengan Sabtu 21 Oktober 2023.

 

D.      SUMBER DANA

1.       BOS

2.       Donatur Bapak/Ibu Guru dan TU

3.       Orang Tua/Wali Murid

Dengan perincian :

a)      Kebutuhan pribadi

·         Makan          6 hari x 3 x Rp. 5000                                         Rp.   90.000

·         MCK              6 hari x 3 x Rp. 2000                                         Rp.   36.000

b)      Biaya pendidikan/Mondok                                                  Rp. 114.000

·         Kitab

·         Pengajar (Ustadz/Ustadzah) 10 orang

·         Penjaga/Satpam 8 orang

·         Listrik dan penginapan

c)       Fasilitas gratis dari pondok untuk acara Wisuda

·         Konsumsi siswa dan orang tua

·         Sound system

·         Terop

·         Dll

 

E.       JADWAL PELAJARAN DI PONDOK

NO

JAM PELAJARAN

KEGIATAN

1

03.00 – 03.30

TAHAJUD BERJAMAAH

2

04.00 – 04.30

SHOLAT SUBUH DAN DZIKIR MALAM

3

05.30 – 07.00

HAFALAN AL-QUR’AN (JUZ 30)

4

07.00-07.30

SHOLAT DHUHA

5

07.30 – 09.00

ISTIRAHAT

6

09.00 – 10.30

- FIQIH (BERSUCI DAN SHOLAT)

- AKHLAQ

7

10.30 – 12.00

ISTIRAHAT

8

12.00 -  12.30

SHOLAT DHUHUR BERJAMAAH

9

12.30 – 13.30

TAJWID

10

13.30 – 15.00

KHORIJIN (SMP istirahat)

11

15.00 – 15.30

SHOLAT ASHAR BERJAMAAH

12

15.30 – 16.30

JAM KE-2 (SMP + KHORIJIN)

13

16.30 – 17.00

ROTIBUL HADDAD

14

18.00 – 19.30

SHOLAT MAGHRIB , YASIN, MAULID

15

19.30 – 20.00

SHOLAT ISYA’

16

20.00 – 21.00

SETORAN AL-QUR’AN

17

21.00 – 22.00

MAKAN MALAM

18

22.00 – 03.00

ISTIRAHAT

 

                                                                       Sumberwringin, 11 Oktober 2023

                                                   Kepala UPTD SPF SMP NEGERI 1 SUMBERWRINGIN

 

 

 

                                                                           SRI PUJI RAHAYU, S.Pd

                                                                           NIP. 196912061997022004

 

                                                                     






 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK OSIS DAN MAJELIS PERWAKILAN KELAS (MPK) SMP NEGERI 1 SUMBERWRINGIN 2022

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH